Bahasan ini sebenarnya sudah menjadi PR tersendiri bagi #alteppos. Baru sekarang kita baru bisa membahas tema ini. Terkadang kita sering mendengar liquid yang berasal dari USA dan Malaysia memiliki rasa dan vapor yang lebih baik daripada liquid lokal, apakah benar begitu?. Apa sih perbedaan liquid impor dan lokal? Mari kita bahas disini.

Liquid impor adalah liquid atau ejuice yang kita impor dari luar negeri. Paling banyak indonesia meng-impor dari USA, Malaysia, Eropa bahkan Korea.

Karakter Rasa dan Vapor

Masing-masing negara memiliki karakteristik rasa masing-masing. Liquid USA terkenal dengan rasa buah atau cake yang berbalut creamy, Liquid Malaysia yang condong dengan rasa buah tropis yang fresh dan dingin, serta Liquid Eropa yang terkadang meniru rasa dari minumal alkohol terkenal. Lalu liquid lokal ada beberapa yang memiliki karakter buah yang dingin, cake creamy bahkan minumal alkohol.

Liquid USA menghasilkan rasa yang smooth, tidak tipis ataupun kuat. Sensasi rasa in-hale yang berbeda dengan ex-hale nya, ini disebabkan oleh layering essence yang banyak dan analisis yang baik. Nikotin yang digunakan mengakibatkan throat-hit yang cukup kuat. Kebanyakan liquid USA yang dijual memiliki kadar nikotin dari 3ml sampai 12ml. Liquid dengan nikotin tidak disarankan untuk penguna personal vaporizer yang tidak merokok sebelumnya.

Lain halnya dengan liquid dari Malaysia yang memiliki rasa yang kuat, manis dan terlalu dingin. Sensasi in-hale dan Ex-hale terkadang terlalu kuat bahkan ada yang bilang jika liquid dari Malaysia menghasilkan rasa pahit. Nikotin yang digunakan tidak terlalu mengakibatkan throat-hit. Tetapi dengan sweetener yang terlalu banyak, menyebabkan kawat coil yang cepat berkerak.

perbedaan liquid impor dan lokal

Beberapa liquid lokal yang sudah di-akui rasa dan vapor nya baik (premium) memiliki rasa yang smooth, tidak terlalu kuat. Sensasi in-hale dan Ex-hale juga mantap dan tidak kalah dengan liquid USA. Dengan nikotin lebih smooth dan sweetener yang tidak terlalu banyak liquid lokal memang cocok untuk lidah orang indonesia.

Resep Simple E-liquid Rasa Buah untuk Pemula

Tips Membuat Eliquid untuk Pemula

Perbedaan Harga

Perbedaan liquid impor dan lokal lainnya dalah soal harganya. Harga liquid USA memang lebih malah daripada liquid dari Malaysia ataupun lokal Indonesia. Dikarenakan biaya kirim dan cukai yang cukup mahal. Tetapi liquid premium dari indonesia juga memiliki harga yang cukup tinggi saat ini. Karena perjuangan dalam menemukan resep yang tepat dan pengembangan liquid sehingga dapat dinobatkan sebagai liquid premium tidaklah mudah dan murah.

Dengan banyaknya Brewer lokal di Indonesia menjadikan banyak pilihan bagi para pegguna vaporizer untuk menggunakan liquid lokal. Dari yang murah hingga yang mahal, menyesuaian selera dan isi dompet saja. Lalu liquid impor? liquid impor sebaiknya tidak digunakan sehari-hari atau a daily vape, gunakan sebagai selingan dan pembeda saja (tips).

Jadi pilih liquid impor atau liquid lokal?