Brebes merupakan salah satu kabupaten di jalur Pantura yang terkenal memiliki suhu yang cukup panas. Namun beberapa wilayahnya terletak di area perbukitan yang memiliki suhu yang relatif dingin. Salah satunya kecamatan Salem, Brebes. Salah satu wilayah brebes yang cukup tersembunyi, karena tidak di lewati oleh jalur Brebes - Purwokerto.

Namun siapa sangka, sebagai jalur alternatif salem memiliki potensi wisata yang luar biasa. Dengan cuaca yang cukup sejuk, Salem memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik. Salah satu objek wisatanya adalah Ranto Canyon - The Hidden Paradise. Objek wisata susur sungai yang mirip dengan Green Canyon - Pangandaran.

Ranto Canyon

Ranto Canyon yang aslinya bernama Leuwi Ranto. Leuwi adalah bahasa sunda yang berarti Lubuk atau sungai yang cukup dalam. Objek wisata ini adalah sebuah sungai yang di kelilingi oleh tebing yang cukup tinggi dan terdapat beberapa air terjun di dalamnya.

A photo posted by Febri Valentino (@mbieng) on


Dengan membayar uang restribusi sebesar Rp 30.000 Pengunjung diajak untuk menyusuri sungai sejauh sekitar 3-4 km dengan menggunakan alat standart kelesamatan seperti Helm dan Pelampung. Selama menyusuri sungai pengunjung disajikan dengan kegiatan yang memacu adrenalin seperti melompati air terjun dan menuruni air terjun menggunakan tali pengamanan. Selain itu, pengunjung juga disuguhi dengan pemandangan alam yang memanjakan mata.

Panenjoan

Image result

www.photo365.co

Lokasi wisata lain yang berada di Salem adalah Panenjoan. Panenjoan (tempat untuk melihat) adalah wisata dengan gardu pandang yang terdapat di atas bukit. dari Panenjoan pengunjung dapat melihat lembah di kecamatan Salem dan gn. Slamet dari kejauhan. Jika pengunjung datang sebelum fajar, pengunjung dapat melihat matahari terbit yang muncul di antara gn. Slamet dan perbukitan.

Sate Banjaran, Salem

Image result

namnamstory.blogspot.com

Sungguh sayang jika berkunjung di Salem tidak mencoba Sate Salem yang terletak di desa Banjaran. Sate kambing muda yang empuk dan memiliki cita rasa khas adalah daya tarik wisata kuliner bagi wisatawan ketika berkunjung di kecamatan Salem, brebes. Harganya cukup menguras kantong, tetapi akan terbayarkan dengan satu porsi sate kambing muda yang nikmat.

Rute Lokasi

Ranto Canyon yang teletak di desa Winduasri, Kec. Salem , Brebes sebuah desa di ujung barat Provinsi Jawa tengah. Untuk menuju Lokasi bisa dari dua Jalur yaitu dari Brebes maupun dari Kota Majenang, Cilacap. Sebelum mencapai lokasi kita akan disuguhi pemandangan persawahan terasering seperti di Ubud Bali.