Kita telah mengetahui tipe kawat yang biasa digunakan untuk vaping. Dari beberapa tipe kawat tersebut pengguna vape mulai menguliknya menjadi beberapa bentuk tipe coil vaping. Hal ini disebabkan pengguna vape yang kurang puas akan hasil kawat yang biasa saja.

Review RDTA Avocado 24 by Geekvape

Tipe Kawat Coil Yang Dipakai Vaping

Secara umum tujuan pengubahan bentuk kawat adalah untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan selera pengguna vape. Ada yang mengejar rasa, ada juga yang mengejar asap yang banyak (Cloud Chaser), Ada juga yang ingin mendapatkan keduanya. Tetapi dari beberapa testimoni pengguna, masing masing bentuk memiliki keunggulan masing-masing. Beberapa diantara pengguna juga mengatakan hal ini kembali lagi ke-selera dan device yang digunakan oleh pengguna vape.

Berikut adalah beberapa bentuk tipe coil vaping yang sudah berada di pasaran ataupun dapat dibuat sendiri.

Tipe Coil Normal

beberapa bentuk tipe coil vaping

Vaping Underground Forums

Tipe coil ini adalah yang paling dasar dan biasa digunakan oleh pengguna vape. Tidak ada pengubahan bentuk kawat coil. Tipe coil normal juga dapat menghasilkan rasa dan cloud yang diharapkan dengan menyesuaikan antara resistensi dan watt sehingga menghasilkan Voltase yang sesuai.

Tipe Coil Parallel

Awalnya ketika kita lihat sekilas tipe coil parallel tidak ada bedanya dengan tipe coil normal. Tetapi kita akan tahu bahwa tipe coil parallel adalah 2 kawat yang di-lilit secara berdampingan. Hal ini mengakibatkan permukaan coil yang lebih luas sementara mempertahankan resistensi tetap rendah. Tipe coil parallel menghasilkan Rasa, Throat hit dan Vapor cloud yang maksimal. Hanya dengan 1 detik inhale akan menghasilkan banyak clouds.

Cara membuat tipe coil parallel by Rip Trippers.

Tipe Coil Twisted

beberapa bentuk tipe coil vaping

Tipe coil twisted hampir mirip dengan tipe coil parallel yaitu menggunakan 2 kawat tetapi di bentuk melintir atau twisted. Pembuatan tipe coil twisted dapat menggunakan beberapa tipe kawat coil seperti kanthal, nichrome, stainless steel, dll. Seperti halnya tipe coil parallel, tipe coil twisted juga memiliki permukaan coil yang luas tetapi tetap menjaga resistensi coil tetap rendah.

Tipe Coil Clapton

beberapa bentuk tipe coil vaping

http://www.vapingcotton.com/

Tipe coil Clapton bentuknya cukup berbeda dari tipe coil normal. Perbedaannya terdapat pada teknik pembuatan kawatnya sehingga menyerupai kawat gitar nomor 4-6.  Tipe Clapton Coil dasarnya adalah sebuah kawat yang memiliki resisten kecil yang di bukus secara dililit oleh kawat yang memiliki resisten yang lebih besar. Hal ini mengakibatkan permukaan coil yang luas tanpa mengurangi nilai resisten coil tersebut. Bahkan terkadang nilai resisten akan naik atau dua kali lipat nya. Tipe coil clapton tetap menghasilkan cloud dan rasa yang maksimal tetapi cenderung smooth/ lembut.

Apakah kalian tahu kenapa dinamakan Clapton Coil?

Kenapa dinamakan kawat Clapton?

Tipe Coil Ribbon (semi pro)

Sebenarnya tipe coil ribbon adalah tipe coil normal tetapi dibentuk dari tipe kawat pipih, seperti kanthal flat. Dengan permukaan kawat yang pipih akan menghasilkan permukaan coil yang cukup luas tanpa mengurangi nilai resistensi coil tersebut. Bentu kawat ini juga dapat di-ulik sesuai dengan keinginan pengguna vape masing-masing.

Salah satu tipe coil ribbon by Rip Trippers.

Dari beberapa bentuk tipe coil vaping di atas memiliki keunggulan dan kekurangan serta karakter masing-masing. Pengguna juga dapat membuatnya sendiri dengan kawat dasar yang ada. Jadi bentuk tipe coil mana yang paling kamu sukai?