Saat ini membuat (brewing) Eliquid bukan lagi dilakukan oleh produsen besar yang dapat menghasilkan Eliquid premium. Tetapi dapat dilakukan oleh produsen rumahan atau kita sebut brewer lokal. Di Indonesia sendiri sudah banyak yang membuat eliquid lokal yang rasanya tidak kalah dengan eliquid impor dengan harga yang terjangkau. Degan membawa bendera brand masing-masing dan dengan berbagai macap cara marketing, dari convensional sampai online. Adalah hal penting untuk mengerti tips membuat Eliquid untuk pemula.

Eliquid premium sendiri harganya cukup mahal dan terkadang tidak sesuai dengan selera kita orang indonesia. Hal ini juga menjadi penyebab utama para pengguna vapor memutar otak untuk membuat eliquidnya sendiri, atau sering kita sebut Do It Yourself Eliquid. Selain untuk menghemat pengeluaran dalam menikmati vapor juga untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan selera pengguna vapor tersebut. Walaupu begitu, bagi para pemula, jika tidak ter-arah biasanya malah akan lebih boros daripada membeli eliquid di gerai vapor biasa. Walapun begitu DIY eliquid menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi pengguna vapor, selain untuk menghemat bisa juga hobi ini menghasilkan.

Di bawah ini adalah beberapa tips membuat Eliquid untuk pemula, yang diharapkan pemula brewer tidak lagi salah arah dalam membuat Eliquid.

Balajar Terlebih Dahulu

Kita harus belajar terlebih dahulu dan memahami setiap proses brewing eliquid. Kita bisa belajar dari orang yang lebih paham, mengikuti komunitas DIY Eliquid, membaca web group DIY Eliquid, maupun menonton tutorial dari youtube. berikut beberapa link yang bermanfaat:

 

Gunakan Alat yang Tepat dan Bersih (Higienis)

tips membuat Eliquid untuk pemula

Usahakan hindari penggunaan botol plastik seperti botol air mineral dalam penyimpanan Eliquid. Gunakan gelas ukur, spet dan stirer/ mixer dalam pembuatannya. Usahakan gunakan pula masker dan sarung tangan karet. Alat yang tepat membuat kita lebih bertanggung jawab.

Bersihkan alat sebelum dan sesudah proses brewing. Ingat!!! Kebersihan adalah hal utama dalam proses brewing, karena komponen VG (Vegetable Gliceryn) adalah komponen yang mudah menjadi tempat bakteri hidup. Aplagi Eliquid ini akan hirup oleh kita.

Siapkan Resep Simple E-liquid

Dalam membuat Eliquid resep itu bagaikan blue print sehingga hal ini menjadi penting. Apalagi untuk pemula, resep yang sudah ada sebelumnya adalah hal penting agar semangat dalam DIY liquid tetap terjaga. usahakan gunakan resep yang simple terlebih dahulu dan teruji hasilnya. Untuk awal, resep yang digunakan tidak perlu banyak menggunakan perasa (essense) serta tidak perlu banyak waktu dalam steeping (shake and vape). Biasakan untuk membuat dalam skala 100ml, hal ini memudahkan dalam penghitungan komponen resep.

Simple E-Liquid Bagi Brewer Pemula

Pahami Karakter (flavour essence) dari Perasa yang Akan Digunakan

Dengan memahami karakter dari perasa yang digunakan kita dapat mencoba mengulik dan menciptakan resep kita sendiri. Ada beberapa perasa yang ketika kita gabungkan/blend akan menguatkan rasa salah satunya atau bahkan menenggelamkannya sehingga flavour yang dihasikan tipis. Ada pula perasa yang ketika digabungkan akan menghasilkan flavour yang aneh dan bahkan tidak enak. Bahkan walpun rasanya sama (misal: Strawberry Ripe) akan berbeda karakternya jika berbeda brand/merk nya.

Pahami Proses Steeping

Proses memperlakukan Eliquid setelah proses brewing adalah proses yang amat penting. Ada yang perlu waktu untuk steeping 1-3 bulan ada pula yang bisa langsung kita gunakan setelah brewing (shake and vape). Kebanyakan orang melakukan steeping dengan waktu, ada pula yang menggunakan air hangat, bahkan ada yang membiarkannya di ruang terbuka beberapa saat (breathing). Masing-masing cara memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Jangan Lupa Untuk Mencatat

tips membuat Eliquid untuk pemula

Dailysocial

Dokumentasi menjadi sebuah alat untuk evaluasi, sehingga menjaga kita tetap ingat dan belajar untuk memperbaiki kesalahan disetiap kegiatan kita membuat Eliquid. Catat resepnya, perlakuan ketika brewing, tahapan steeping sampai alat yang kita gunakan untuk mencobanya. Jangan lupa catat apa yang dihasilkan dari Eliquid yang kita buat dari setelah breewing dan setelah steeping.

Jangan Cepat Menyerah

Jika hasil DIY Eliquid kita kurang memuaskan jangan cepat menyerah, ulangi lagi kegiatan DIY kita dengan memperharikan catatan dokumentasi dan menguliknya. Sehingga hasilnya sesuai dengan harapan kita.

Itulah sedikit tips membuat Eliquid untuk pemula, semoga bermanfaat dan tidak membuat brewer pemula salah arah dan cepat menyerah dalam membuat Eliquid.